Jalan-Jalan ke Bandung

Beberapa waktu yang lalu, big sis dan temen-temen jalan-jalan ke Bandung. Sabtu pagi, sekitar jam 7 kita berangkat, mampir di rest area tol buat sarapan di KFC. Menu KFC buat sarapan beda loh ama buat jam-jam biasa. Favorite big sis paket kopi sama riser nya. Riser itu crepes tipis yang digulung, isi nya ada potongan ayam goreng, scrambled egg sama saus mayo. Porsinya pas untuk sarapan ringan. Kopinya juga hangat dan enak.

Sampe di Bandung, kita langsung ke arah Lembang. Rencananya sih pengen ke Tangkuban Perahu. Tapi di tengah jalan malah mampir ke rumah sosis dulu. Di dalam rumah sosis ini, ada tempat bermain, tapi lebih cocok buat keluarga dengan anak-anak si, jadi kami gak masuk ke dalem arena playground-nya. Kami cuma mampir di depannya untuk beli sosis. Sosis di sini ada beberapa macam, ada yang original, black pepper, keju, ukurannya pun ada yang biasa, ada juga yang large sepert gambar di bawah ini. Rasa sosis nya nyam nyam banget. Favorite big sis si yang keju, di mana pas kita gigit sosisnya, lelehan keju pun keluar, jadi tambah enak deh. Hmmm, jadi pengen lagi.

Setelah dari Rumah Sosis, kami ke Kampung Daun. Kampung Daun ini tempet makan dengan suasana Sunda yang kentel banget. Alih-alih makan di ruangan besar seperti rumah makan pada umumnya, di sini kita makan di saung-saung yang tersebar di area nya yang cenderung menanjak. Rasa makanan nya si biasa aja, tapi suasananya enak bener, apalagi kalau kita bisa dapet saung buat kita sendiri, gak gabung dengan tamu lain, jadi lebih santai deh.

Di sini big sis pesen nasi liwet khas Sunda, teh poci dan bajigur.

Nasi liwet nya terdiri dari nasi liwet yang mirip nasi uduk gitu, ayam goreng, tahu, tempe, ati, ampela, telur, emping dan lalapan selada, timun, tomat. Seperti yang big sis bilang tadi, menurut big sis, rasanya biasa saja, cuma ya lumayan la ya. ^_^ Teh tawar nya disajikan dengan poci seperti pada gambar. Kita juga dikasih gula batu yang dapat kita tambahkan sendiri jika ingin teh manis. Bajigur nya lumayan, rasa jahenya berasa, rasa santannya berasa ringan, ditambah dengan potongan kelapa muda dan butiran jagung manis, jadi tambah enak. Dingin-dingin di Lembang emang paling enak minum air jahe.

Setelah makan, kami pergi ke Tangkuban Perahu. Di sana, anginnya kenceng banget. Kami foto2 lalu pergi ke penginapan kami. Kami menginap di Grafika Cikole, lokasinya dekat dengan Tangkuban Perahu, tempatnya luas sekali. Di sini kita bisa menginap di kamar-kamar di gedung hotel nya atau di camping ground nya. Di camping ground nya itu, kita bisa milih untuk tidur di tenda atau di cottage nya. Kami memilih untuk tinggal di cottage-nya, satu cottage bisa untuk  6 orang, dan walaupun di sini dingin, jangan kuatir karena di dalam setiap cottage ada perapiannya. Selain itu, air panas juga disediakan untuk mandi.

grafika cikole

Di sini, kami memesan paket barbeque untuk makan malam. Pilihan barbeque nya ada banyak sampai bisa pesen kambing guling segala. Tapi, kami gak pesen sih. Soalnya takut gak abis kalo pesen kambing guling. Yah, seperti acara camping lainnya, kami menghabiskan malam dengan barbeque yang disediakan pihak hotel, bakar jagung di api unggun, nyanyi2, sampai akhirnya ngabisin malam dengan main kartu capsa. Hehehe.

Besok paginya, kami sarapan di hotel. Sarapannya biasa saja, tidak terlalu istimewa. Lalu, kami pun jalan-jalan keliling hotel. Di sini ada kebun stroberi, ada kandang rusa dan kelinci yang bisa kita beri makan, lalu juga ada permainan-permainan seperti panjat dinding, flying fox, atv, dll. Setelah puas bermain, kami pun siap-siap pulang ke Jakarta. Mampir dulu ke Sapu Lidi untuk makan siang. Hahaha. Jalan-jalan itu emang gak lengkap kalo gak sambil wisata kuliner ya. ^_^

Sama seperti Kampung Daun, Sapu Lidi merupakan tempat makan dengan suasana Sunda. Di tempat ini ada danau kecil yang bisa kita kelilingin dengan sampan. Di sekeliling danau, ada saung-saung tempat kita bisa makan. Di sini, makanan nya rasanya enak-enak loh. Apalagi jamur nya. Nyam nyam. Sebenernya kami pesen banyak makanan di sana, tapi karena sudah lapar, big sis gak foto semua deh. Cuma beberapa aja.

(dari kiri ke kanan, atas ke bawah) cumi goreng tepung, tumis kangkung, jamur, sate ayam

Berakhir deh jalan-jalan ke Bandung nya. Gak lupa mampir ke toko oleh-oleh buat beli apalagi kalau bukan brownies. Hehehe.