Makan Udon di Marugame Udon

Di mall Taman Anggrek, ada tempat makan baru, namanya Marugame Udon. Sesuai namanya, tempat ini menjual udon sebagai menu utama dengan beberapa menu tambahan lain seperti donburi dan tempura. Lokasinya ada di lantai 3 di dekat Sky Rink, Sizzler dan Pizza Hut. Berbeda dengan rumah makan Jepang kebanyakan, Marugame Udon memakai konsep fast food restaurant. Sewaktu kita datang, kita akan langsung diarahkan menuju counter untuk memesan makanan. Awalnya kita diminta memilih udon apa yang ingin dipesan, lalu menuju ke tempat macam2 tempura yang sudah digoreng, kita tinggal menaruh tempura yang kita inginkan di piring kita, kemudian menuju kasir untuk membayar sekaligus menambah pesanan minuman.

suasana marugame udon

Marugame Udon

Kami pun memilih Kamaage Udon, sweet potato tempura, chicken chili tempura, skewered tofu roll, broccoli tempura, kisu tempura dan beef croquette. Untuk minumannya, kami memesan ocha dingin yang bisa di refill. Setelah memesan, kita bisa memilih beberapa condiment seperti wijen, jahe, daun bawang, potongan cabe, bahkan “kremes” tepung tempura sisa menggoreng tempuranya. Condiment ini bisa kita ambil berkali2 secara self-service seperti juga ocha dinginnya.

Ocha Dingin --- Condiment

Ocha Dingin — Condiment

Kamaage Udon Reguler 33ribu

Kamaage Udon Reguler 33ribu

Kamaage Udon ini merupakan udon original yang disajikan hangat dengan sup yang disebut bukake dashi soup. Udon nya diletakkan dalam semacam baskom kayu berisi air hangat sehingga tetap hangat, dan cara makannya kita tinggal mencelupkan udon ke dalam mangkuk sup nya. Rasa supnya asin gurih yang ringan dan kita dapat menambahkan wijen, jahe dan daun bawang untuk menambah rasa dan aroma. Sewaktu big sis ke sini, ada beberapa orang yang big sis lihat salah cara memakan udon nya. Mereka memasukkan condiment seperti daun bawang, potongan cabe bahkan kuah sup nya ke dalam baskom kayu ini. Padahal ini hanya air hangat biasa, namun mereka mengaduk semua di baskom ini, dan memakan udonnya langsung dari situ. >_<

tempura MU

Brocolli, kisu, beef croquette — sweet potato, skewered tofu roll, chicken chili

Tempura yang kami pilih ada 6 macam, di piring sebelah kiri gambar di atas, ada brocolli tempura 10ribu/pcs, tempura ikan kisu 10ribu/pcs (big sis juga gak tau ikan kisu itu ikan apa), dan beef croquette 10ribu/pcs (semacam perkedel kentang yang dicampur daging sapi cincang kemudian digoreng dengan tepung tempura).  Di piring sebelah kanan, ada tempura ubi 7ribu/pcs, kulit tahu isi udang 12ribu/pcs dan cabe hijau isi ayam 7ribu/pcs. Menurut big sis, tempura ini harganya memang mahal, rasanya pun standar, biasa saja, tapi cocok sebagai teman makan kamaage udon yang bisa dibilang rasanya ringan ini. Favorite kami cabe hijau isi ayam nya, rasa cabenya manis, cincangan ayamnya gurih, belum lagi aroma cabe hijaunya yang khas. Big Sis juga suka ikan kisu nya, walaupun tidak tahu ini ikan apa, rasa ikannya enak, tidak amis, dan cocok dengan tepungnya.

Secara keseluruhan, ini jadi pengalaman makan yang unik karena big sis baru pertama kali makan udon seperti ini. Biasanya udon itu kan sudah disajikan di dalam sup nya dan ada topping2 tambahan. Big sis jadi maklum kenapa bisa ada yang salah cara memakan udonnya. Walaupun harganya sedikit mahal, rasanya big sis akan ke sini lagi untuk mencoba menu lainnya. Selain menu2 di atas, Marugame Udon juga menyajikan udon lain seperti Zaru udon yang disajikan dengan bukake dashi soup juga tapi secara dingin, Beef Curry Udon,  dan beberapa varian lain. Ada pula rice bowl dengan berbagai pilihan lauk seperti beef curry atau sukiyaki beef.

By : Big Sis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s